Guru merupakan salah satu figure yang sering dijadikan contoh dan panutan oleh siswa-siswanya. Guru-guru sering diharapkan untuk selalu meningkatkan kualitasnya. Untuk menjadi sosok guru yang berkualitas, banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru-guru di Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh guru-guru di SMK Negeri 8 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan mengulas karya literature dapat meningkatkan kualitas guru atau tidak. Metode yang dilakukan untuk penelitian ini adalah dengan melakukan observasi disetiap paginya selama kegiatan apel pagi berlangsung di SMK Negeri 8 Surakartaselama melaksanakan magang 2dan 3 selama satu setengah bulan disana, yang mana salah satu agendanya yaitu dengan mengulas karya sastra. Disetiap paginya salah satu guru bergantian menyampaikan isi buku yang telah dibaca sebelumnya dan disampaikan dihadapan rekan guru yang lain. Artikel ini akan menunjukkan dengan mengulas karya sastra dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas mengajar dari guru-guru.
Copyrights © 2019