Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 1, No 2 (2019): Vol. 1, No.2, Desember 2019

MENINGKATKAN KUALITAS GURU DENGAN MENGULAS KARYA SASTRA LITERATUR (LITERASI) SETIAP APEL PAGI DI SMK NEGERI 8 SURAKARTA

Juan Artha Himawan (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anisa Laila Aprilianti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2020

Abstract

Guru merupakan salah satu figure yang sering dijadikan contoh dan panutan oleh siswa-siswanya. Guru-guru sering diharapkan untuk selalu meningkatkan kualitasnya. Untuk menjadi sosok guru yang berkualitas, banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru-guru di Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh guru-guru di SMK Negeri 8 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan mengulas karya literature dapat meningkatkan kualitas guru atau tidak. Metode yang dilakukan untuk penelitian ini adalah dengan melakukan observasi disetiap paginya selama kegiatan apel pagi berlangsung di SMK Negeri 8 Surakartaselama melaksanakan magang 2dan 3 selama satu setengah bulan disana, yang mana salah satu agendanya yaitu dengan mengulas karya sastra. Disetiap paginya salah satu guru bergantian menyampaikan isi buku yang telah dibaca sebelumnya dan disampaikan dihadapan rekan guru yang lain. Artikel ini akan menunjukkan dengan mengulas karya sastra dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas mengajar dari guru-guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...