INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 4, No 2 (2021): Inopendas : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Agustus 2021)

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMAHAMAN PENGGUNAAN SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG CAMPURAN, FPB, DAN KPK KELAS VI SDN SAMBENG MELALUI PENERAPAN METODE PENUGASAN

Sri Handayani (SD Negeri Sambeng Kecamatan Todanan Kabupaten Blora)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

LatarbelakangpenelitianiniadalahdalamKegiatanBelajarMengajar( KBM ) SDN SambengkecamatanTodananKabupatenBlora,dalammengikutipembelajaran dan menjawappertanyaanbelumbisaataubelumsesuaiharapan , siswatidaktertarik pada materi yang disampaikan oleh guru, karenapembelajaranmasihdikuasai oleh guru. Sehinggasiswa juga kurangaktifdalammengikutipelajaran. Siswadalammemahamimateri juga belummaksimaldikarenakan guru dalammenyampaikanmateribelummemanfaatkanalatperaga yang sesuai. Penelitian Tindakan Kelas inidilaksanakan di SDN Sambengberjumlah 26 siswaterdiridari 14 siswalaki-laki dan 12 siswaperempuan. Indikatorkeberhasilanpenelitianiniadalahhasilbelajarsiswamencapai KKM (KreteriaKetuntasan Minimal) yaitu ≥60 denganrerata ≥80 ketuntasanbelajarsiswa ≥85%. Penelitiandilaksanakandalamduasiklus, tiapsiklusterdiridari 4 tahapyaituperencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada prasiklusdiperolehnilaiterendah 30 tertinggi 90 rerata 49 ketuntasanbelajar 62%, pada siklus I nilaiterndah 40 tertinggi 90 rerata 63 ketuntasan 73%, pada siklus II nilaiterendah 50 tertinggi 100 rerata 80 ketuntasan 96%. Dalampembahasanpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodepenugasandapatmeningkatkankemampuansiswadalampemahamansifat-sifathitungcampuran,FPB, dan KPK kelas VI SDN Sambengdenganhasilbelajarsiswamencapai KKM dan rerata yang ditentukandalamindikatorkeberhasilan. Penelitianinidiharapkanbermanfaatbagi guru sebagaigambaranuntukmeningkatkanpembelajarandalamkegiatanbelajarmengajar yang kreatif dan inofatif..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Inopendas merupakan jurnal inovasi pendidikan dasar program studi magister pendidikan dasar yang diharapkan mempublish artikel-artikel hasil penelitian terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memfokuskan pada inovasi pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan pembelajaran tinggi ...