Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi sistem persamaan linear tiga variabel setelah dilaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Sebagai varibel indikator yang diamati meliputi keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action reseach). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Gebog pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dimulai dari minggu keempat bulan September sampai minggu kedua bulan Desember 2018. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Sumber data diambil dari peserta didik, pengamatan langsung oleh observer kepada peserta didik dan teman sejawat. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan pengamatan, tes dan dokumentasi hasil belajar sebelumnya. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan lembar observer dan diskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan melihat rata-rata untuk kedua variabel indikator tersebut di atas mengalami peningkatan dan pada akhirnya melampaui batas tuntas dari siklus ke siklus. Untuk variabel keaktifan secara individu berturut-turut dari 56,8% menjadi 78%; dan keaktifan peserta didik secara kelompok berturut-turut dari 62,3% menjadi 85%. Untuk variabel hasil belajar berturut-turut dari pra siklus sampai siklus 2 adalah 19%, 62% dan 83%. Hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat memberi kontribusi yang berarti pada peningkatan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Gebog semester gasal tahun pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2021