Journal of Mathematics Education and Science
Vol. 5 No. 1 (2022): Journal of Mathematics Education and Science

Analisis Literasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar

Agustina Kore (Universitas Advent Indonesia)
Sonya Fanny Tauran (Universitas Advent Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Literasi Matematika (KLM) siswa pada materi Aritmatika Sosial berdasarkan kategori KLM dan gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data mengunakan angket  untuk mengetahui gaya belajar siswa, dan soal tes kemampuan literasi matematika. Teknik analis data meliputi tahapan pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) skor rata-rata siswa untuk kategori KLM tinggi sebesar 91,4 %, KLM sedang sebesar 55,0 %, KLM rendah sebesar 35,1 %; 2) skor rata-rata KLM siswa dengan gaya belajar auditori sebesar  60,8%, KLM siswa dengan gaya belajar kinestetik sebesar  60,2%, dan KLM siswa dengan gaya belajar kelompok sebesar  60,6%. Siswa dengan gaya belajar auditori dan KLM tinggi  dapat menjawab soal nomor 1, 2, 3, 4, dan 6 dengan tepat. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dan KLM tinggi dapat menjawab soal nomor 1 dan 6 dengan tepat. Siswa dengan gaya belajar kelompok pada KLM tinggi dapat menjawab soal nomor 1, 3, 5, dan 6 dengan tepat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JaMES

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April & October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature ...