Abstrak: Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah agar para pelaku usaha UMKM dapat bangkit dari keterpurukan bisnis usaha akibat adanya pandemi Covid-19. Segala macam tantangan telah dihadapi, menuntut mereka untuk lebih kreatif dan inovatif dengan memaksimalkan strategi marketing. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu ibu-ibu yang memiliki bisnis kuliner dan UMKM untuk dapat mengatur kegiatan usahanya tersebut agar dapat berjalan dengan baik dan survive di tengah Pandemi Covid-19. Pemilihan obyek pengabdian kepada masyarakat adalah Usaha Mikro yang selanjutnya dijadikan sebagai mitra. Pemilihan ini sesuai dengan kriteria UMKM yang ditetapkan bahwa kekayaan bersih Usaha Mikro tidak lebih dari lima puluh juta rupiah dan hasil penjualannya tidak melebihi 300 juta rupiah dalam waktu satu tahun. Pelaksanaannya dilakukan dengan mengadakan kunjungan langsung ke tempat Mitra Usaha Mikro untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi. Materi pendampingan meliputi membangkitkan semangat survive dengan mengenalkan digitalisasi pengelolaan keuangan dan memecahkan pokok masalah yang dihadapi Mitra Usaha Mikro. Dalam pengelolaan keuangan masih banyak yang belum bisa membedakan antara uang modal usaha dengan keuntungan yang diperoleh dan untuk kepentingan pribadinya. Perlu ada kesinambungan kegiatan dan evaluasi terhadap pelatihan mengenai pembukuan sederhana agar Mitra Usaha Mikro bisa memahami akun dasar pada pembukuan.
Copyrights © 2022