Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 1 (2022): April

Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring di TK Wijaya pada Era Pandemi

Achmad Arrosyidi (Universitas Dinamika)
Muhamad Basyrul Muvid (Universitas Dinamika)
Didiet Anindita Arnandy (Universitas Dinamika)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Pendidikan usia dini penting untuk membentuk karakter anak, termasuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK). TK Wijaya sebagai mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menyelenggarakan prose belajar mengajar secara Daring di era Pandemi. Walaupun di TK Wijaya tersedia sarana penunjang pembelajaran Daring seperti komputer, koneksi internet, dan situs web, namun pembelajaran secara Daring masih kurang optimal. Pembelajaran Daring hanya menggunakan fitur video call secara synchronous melalui telepon gengam. Hal ini mengharuskan peserta didik hanya dapat berinteraksi dengan guru di saat video call berlangsung. Guru di TK Wijaya belum mengetahui cara membuat video pembelajaran secara Daring, sehingga sarana penunjang Daring yang ada belum bisa dioptimalkan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupaya untuk meningkatkan kemampuan guru TK Wijaya melalui pelatihan pembuatan video sebagai media pembelajaran secara Daring yang mengoptimalkan sarana yang dimiliki, agar mutu pembelajaran dapat meningkat. Hasil pelatihan yaitu guru TK Wijaya telah mampu membuat video pembelajaran secara Daring. Video tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajara Daring secara synchronous maupun asynchronous.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

HMN

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health

Description

Humanism merupakan jurnal pengabdian masyaraka multidisiplin ilmiah. Jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya ini diharapkan menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian kalangan akdemisi ataupun peneliti. Artikel yang dimuat dalam jurnal humanism berbentuk pengabdian masyarakat ...