Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Edisi April 2022

PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I C SDN 7 MATARAM

Rohana Rohana (Sekolah Dasar Negeri 7 Mataram Dinas Pendidikan Kota Mataram Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Abstrak: Pencapaian hasil belajar siswaz kelas I.C di SDN 7 Mataram, pada mata pelajaran Matematika masi berada dibawah KKM hal ini di karenakan metode yang digunakan belum tepat sehingga siswa hanya pasif dalam pembelajaran. Kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran kurang karena dalam penyampaian guru bersifat monoton dan tanpa arah. Dari latar belakang diatas maka rumusan masalahnya “apakah metode Demonstrasi dalam pembelajaran Matematika tentang satuan waktu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I.C SDN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020” Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, peaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi dengan melibatkan siswa kelas I.C sebagai subyek dan seorang guru sebagai teman sejawat/observer dan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Denagn menggunakan metode demonstrasi merupakan metodepembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa untuk memecahkan masalah terbukti dari peningkatan yang terjadi pada tiap siklus rata-rata prosentase pada pra siklus hasil tes 57% meningkat pada siklus I. 75% dan porsentasi pada siklus II meningakat jadi 90% dengan keaktifan siswa 100%. Metode demonstrasi dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas I.C SDN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020.Kata Kunci: Demonstrasi, Prestasi, Matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...