Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Edisi April 2022

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MAMPU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VI A SDN 9 AMPENAN

Baiq Karni Apriani (Sekolah Dasar Negeri 9 Mataram Dinas Pendidikan Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Abstrak. Pencapaian hasil beljar siswa kelas VI.A di SDN 9 Ampenan pada Mata Pelajaran Matematika masi berada di bawah KKM hal ini dikarenakan metode yang digunakan belum tepat sehingga siswa hanya pasif dalam pembelajaran. Kreatif siswa dalam proses pembelajaran kurang dikarenakan penyampaian guru bersifat monoton dan tanpa arah. Dari latar belakang diatas rumusan masalah yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu “Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match mampu meningkatkan hasil belajar matematika di kelas VI A SDN 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2021/2022?” Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi dengan melibatkan siswa kelas VI A sebagai subyek dan seorang guru sebagai observer dan penelitiaan ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode kooperatif tipe make a match yang merupakan metode yang mampu meningkatkan hasil belajar matematika di kelas VI A SDN 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2021/2022. Terbukti dari peningkatan yang terjadi pada tiap siklus rata-rata porsentase pada siklus I sebesar 69,48% menjadi 81,37% pada siklus II, semua aspek siswa sangat meningkat. Penggunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan perpormansi guru. Pertemuan Pertama siklus I memperoleh nilai 78,00 kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,71, dikarenakan guru dalam pembelajaran sudah dan berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa.Kata kunci: Kooperatif, meningkatkan, matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...