Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Edisi April 2022

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENULISAN BENTUK SOAL PILIHAN GANDA ABAD 21 BERBASIS KKG SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SD NEGERI 10 AMPENAN MELALUI PENDAMPINGAN KLASIKAL DAN INDIVIDUAL

Baiq Fitriah (Sekolah Dasar Negeri 10 Ampenan Dinas Pendidikan Kota Mataram Nusa Tenggara Barat iNDONESIA)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pelaksanaan pendampingan klasikal dan individual dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru di SD Negri 10 Ampenan dalam penulisan bentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan beberapa kajian pustaka, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: pelaksanaan pendampingan klasikal dan individu dapat meningkatkan kompetensi Guru di SD Negeri 10 Ampenan dalam penulisan bentuk soal pilihan ganda. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus satu kali pertemuan melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus dua pengamatan kegiatan kepala sekolah diproleh skor rata-rata 4,67, pengamatan kegiatan guru memperoleh skor rata-rata 4,50 sedangkan hasil kerja individual dalam penulisan soal pilihan ganda memperoleh skor rata-rata 94,40. Indikator keberhasilan untuk pengamatan/observasi ≥ 4,00 dan nilai kerja individual ≥ 85,00. Indikator keberhasilan telah terpenuhi. Penelitian tindakan sekolah (PTS) dihentian pada siklus kedua dengan hasil sangat memuaskan. Beberapa kendala/hambatan selama penelitian dapat diatasi dengan baik, sehingga dalam pencapaian indikator dengan cepat terpenuhi. Disarankan kepada Kepala Sekolah yang lain untuk mengadakan penelitian sejenis dalam upaya dalam meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah yang professional.Kata Kunci: Kompetensi Guru, Pendampingan Klasikal dan Individual

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...