Salah satu fasilitas yang mendukung proses pembelajaran IPA adalah laboratorium IPA. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendreskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan pemanfataan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif. Metode pengambilan sampel yang adalah Simple Random Sampling dengan jumlah resonden 30. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Data dianalisis dengan regresi linier ganda dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 1,81955321 sedangkan taraf signifikan 5% adalah 3,28. Artinya tidak ada pengaruh ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi. Nilai kontribusi pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan permanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi sebesar 11,87% sedangkan 88,12 % ditentukan oleh faktor lain berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu kebutuhan belajar, harapan, cita-cita, dan minat sedangkan faktor eksternal berupa dorongan keluarga, lingkungan, imbalan.
Copyrights © 2019