Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 1, No 1 (2019): Bioeduca : Journal of Biology Education

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Ketersediaan dan Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium IPA Terhadap Motivasi Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII

Nila Fadhilah (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Kusrinah Kusrinah (Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Anif Rizqianti (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2020

Abstract

Salah satu fasilitas yang mendukung proses pembelajaran IPA adalah laboratorium IPA. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendreskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan pemanfataan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif. Metode pengambilan sampel yang adalah Simple Random Sampling dengan jumlah resonden 30. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Data dianalisis dengan regresi linier ganda dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 1,81955321 sedangkan  taraf signifikan 5% adalah 3,28. Artinya tidak ada pengaruh ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi. Nilai kontribusi pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan permanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi sebesar 11,87% sedangkan 88,12 % ditentukan oleh faktor lain berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu kebutuhan belajar, harapan, cita-cita, dan minat sedangkan faktor eksternal berupa dorongan keluarga, lingkungan, imbalan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...