Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2013)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENDAPATKAN METODE KUMON DAN METODE KONVENSIONAL

Nolis Widiawati (STKIP Garut)
Deddy Sofyan (STKIP Garut)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2018

Abstract

Abstract:This research used two models of learning, they were Kumon and Conventional. The purpose of this study was to determine whether the Kumon learning method is better than conventional learning methods on students' mathematics achievement in learning material cube and bar. Based on the results of the pretest data processing, obtained the conclusion there is no difference between the students' mathematical ability early experimental class one and class two experiments. Then learning in both the classroom was, until finally done posttest to determine differences in student mathematics achievement. Based on the posttest data processing, obtained the conclusion that the mathematics achievement of students who get Kumon learning method is better than the students who received conventional teaching methods.  Abstrak:Penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran Kumon dan Konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Kumon lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pembelajaran Kubus dan Balok. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest, didapat kesimpulan tidak terdapat perbedaan kemampuan awal matematik siswa antara kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua. Kemudian pembelajaran di kedua kelas tersebut dilakukan, sampai akhirnya dilakukan postest. Berdasarkan pengolahan data postest, didapat kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan metode pembelajaran Kumon lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat metode pembelajaran Konvensional.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...