Ensiklopedia Education Review
Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 01 KOTO LAWEH

Marnita. HM Marnita. HM (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan pembelajaran matematika realistik untuk siswa kelas V UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh dengan penerapkan pembelajaran matematika realistik. Desain penelitian ini menggunakan model spiral. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V UPT. SD Negeri 01 Koto Laweh Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tiap siklus dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika materi pecahan dalam pemecahan masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar soal uraian dan lembar observasi siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase ketuntasan belajar siswa. Analisi data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan kegiatan aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang semula 67,11% menjadi 84,54%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga siswa dapat mencapai KKM sebesar 69. Sebelum adanya tindakan, siswa yang tuntas hanya 9 siswa atau sebesar 47,37% pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 68,42% dan pada siklus II menunjukkan bahwa 17 siswa atau 89,47% sudah memenuhi KKM.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

education

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel di bidang ilmu pendidikan di Indonesiam baik dalam bahasa Indonesia ataupn bahasa PBB. Jurnal terbit selama 3 kali dalam satu tahun, yaitu di Bulan April, Agustus, Desember. ...