Latar belakang penelitianini adalah mengalami kesulitan dalam melakukan penyesuaian dengan lingkungan sekolah termasuk dalam persahabatan. Berdasarkan pengamatan peneliti juga terlihat bahwa di dalam kelas masih ada siswa yang tidak dapat mengelola emosi dengan baik. Kondisi di atas menunjukan jika tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas XI SMA N 7 Semarang belum maksimal. Belum maksimalnya tingkat kecerdasan interpersonal siswa salah satunya disebabkan karena layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di sekolah tersebut belum ideal. Layanan bimbingan dan konseling lebih didominasi oleh layanan yang bersifat klasikal, dengan topik bahasan tata tertib sekolah. Layanan yang bersifat kelompok dan individu dilaksanakan jika ada siswa yang melanggar aturan sekolah. Hal ini berarti layanan dalam seting kelompok dan individu lebih bersifat kasuistik dari pada pengembangan. Layanan bimbingan kelompok yang berbasis pada nilai-nilai budaya lokal secara efektif dapat meningkatkan empati siswa. Kata kunci : konseling kelompok, kecerdasan, interpersonal, siswa
Copyrights © 2014