Seminar Nasional Pendidikan IPA
Vol 1, No 1 (2021): Prosiding Seminar Pendidikan IPA

ANALISIS SELF REGULATION GURU BIOLOGI SMA NEGERI KOTA PEKANBARU

Riki Apriyandi Putra (FKIP Universitas Riau)
Febblina Daryanes (FKIP Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis self regulation Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini yaitu semua guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak 60 guru biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian deskriptif, dengan metode survey. Data dikumpukan dengan menggunakan e-kuesioner (google form) dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui summative response scale, dengan menggunakan skala Likert yang dimodifikasi dengan 4 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukan bahwa 86,8% guru sudah memiliki self regulation sangat baik. Khusus indikator mengenali dan menggunakan sumber-sumber informasi yang diperlukan, merupakan indikator yang memiliki jumlah persentase tertinggi (90%). Hal tersebut menunjukkan bahwa guru-guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru selalu mempersiapkan sumber-sumber yang diperlukan sebelum memulai suatu pekerjaan. Guru selalu mencari sumber-sumber yang sesuai dan apabila sumber yang diperlukan tidak tersedia, maka akan mencari ketempat lain dimana informasi tersebut dapat ditemukan. Guru-guru juga memikirkan dan merencanakan penggunaan berbagai sumber informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Copyrights © 2021