Performance
Vol 4, No 2 (2014): Performance

PENGARUH PERUBAHAN TARIF, KEMUDAHAN MEMBAYAR PAJAK, DAN SOSIALISASI PP NOMOR 46 TAHUN 2013 TERHADAP PERSEPSI WAJIB PAJAK UMKM

Norsain, Norsain ( Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Wiraraja Sumenep)
Yasid, Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perubahan tarif, kemudahan  membayar pajak dan sosialisasi PP No 46 tahun 2013 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang di terima atau di peroleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu terhadap persepsi wajib pajak.. Penelitian ini dilakukan dengan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 90 responden dari wajib pajak yang mempunyai peredaran bruto usaha di bawah 4,8 M. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi  linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  perubahan tarif (X1),  berpengaruh positif terhadap persepsi wajib pajak, kemudahan membayar pajak (X2),  berpengaruh  positif  terhadap  persepsi wajib, dan sosialisasi  PP No 46 tahun 2013 (X3) berpengaruh positif terhadap persepsi wajib pajak. Kata kunci: Persepsi wajib pajak, PP No 46 tahun 2013.

Copyrights © 2014