JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol. 4 No. 1 (2022): January Edition

Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI Nurussalam Sidogede

Rafika Isabela (STIT Misbahul Ulum)
Tri Rahayu (STIT Misbahul Ulum)
Akhsanul Huda (STIT Misbahul Ulum)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Media pembelajaran flash card adalah media pembelajaran visual yang berbentuk kartu yang berisi gambar atau tulisan yang bisa mengarahkan peserta didik tentang materi yang dipelajari, sehingga dapat mempercepat pemahaman dan dapat memperkuat ingatan peserta didik. Sedangkan menghafal merupakan proses mental untuk menyimpan dalam memori untuk di ingat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas V di MI Nurussalam Sido Gede dengan jumlah siswa 30 orang siswa. Sementara itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa arab dengan diperoleh rxy sebesar 0,570, yang selanjutnya dikonsultasikan dengan “r” product moment,dengan terlebih dahulu mencari df-nya, yaitu” df= N =nr” df = 30-2=28. Pada df 28 diketahui harga r pada tarap signifikan 5% atau taraf kepercayaan 99%, diperoleh harga kritik r atau r tabel = 0,361. Sementara harga r pada tarap signifikan 1% atau taraf kepercayaan 99%, diperoleh harga r atau r tabel = 0,463. Dengan demikian, harga rxy yang diperoleh jauh lebih besar dari pada harga kritik atau = 0,361< 0,570 > 0,463 maka dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...