Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 13 No. 1 (2022): Vol. 13 No. 1 (2022)

Analisa Peran Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention dengan Brand Image Sebagai Mediating Pada Industri Kuliner di Kota Batam




Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari Celebrity Attractiveness, Celebrity Expertise, Celebrity Trustworthiness, dan Brand Image terhadap Purchase Intention. Serta untuk mengetahui pengaruh antara Celebrity Endorser Credibility terhadap Purchase Intention melalui Brand Image. Penelitian ini dilakukan pada responden yang berdomisili di kota Batam. Penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 300 responden yang pernah memiliki niat membeli makanan setelah melihat endorser Tanboy Kun, Ria SW, Nex Carlos, Mgdalenaf, dan Farida Nurhan. Teknik analisis data  menggunakan PLS (Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Expertise, Celebrity Trustworthiness, dan Brand Image yang berpengaruh signifikanTerhadap Purchase Intention. Serta terdapat pengaruh signifikan antara Celebrity Endorser Credibility terhadap Purchase Intention melalui Brand Image.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...