Penelitian dengan latar mahasiswa semester II dalam perkuliahan Berbicara 2bertujuan mengetahui apakah pemanfaatan topik-topik kontroversial dapat meningkatkan mutuperkuliahan Berbicara 2. Dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas, pemanfaatantopik-topik kontroversial dalam mata kuliah Berbicara 2 dapat meningkatkan mutu perkuliahan.Dalam arti, ada peningkatan partisipasi mahasiswa, kelancaran, dan peningkatan emosi sertasemangat dalam berbicara. Mahasiswa lebih tertarik pada topik-topik kontroversial dibandingkandengan topik nonkontroversial. Mahasiswa juga memberikan respon yang positif terhadappemanfaatan topik-topik kontroversial. Oleh karena itu, pemanfaatan topik-topik kontroversialdalam perkuliahan Berbicara 2 perlu diteruskan dan dikembangkan.Kata-kata kunci: topik kontroversial, keterampilan berbicara, aktivitas mahasiswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2010