Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 44 No 1 (2011): April 2011

PENGARUH PEMBELAJARAN INTERAKTIF LAJU REAKSI BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ida Bagus Nyoman Sudria, I Wayan Redhana, Luh Samiasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2011

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembela-jaran interaktif laju reaksi berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa. Di samping hasil belajar, penelitian ini juga memaparkan aktivitas belajar dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2010/2011. Kelas XI IPA3 adalah kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa pembelajaran interaktif laju reaksi berbantuan komputer, sedangkan kelas XI IPA2 adalah kelompok kontrol yang tidak diberi pembelajaran interaktif laju reaksi berbantuan komputer. Data dianalisis menggunakan analisis statistik anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen (rerata 81,1) lebih tinggi dari hasil belajar siswa pada kelompok kontrol (rerata 70,9) dengan (p<0,05). Uji beda gain score ternormalisasi per indikator menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada 10 indikator hasil belajar dari 12 indikator pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada pada kelompok kontrol, sedangkan dua indikator sisanya tidak berbeda signifikan. Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran pada kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi, sedangkan pada kelompok kontrol tergolong tinggi. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran interaktif laju reaksi berbantuan komputer.Kata-kata Kunci: pembelajaran interaktif, pembelajaran berbantuan komputer, laju reaksi

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...