Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 47 No 2-3 (2014): Oktober, 2014

Task-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa

Ni Putu Era Marsakawati (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi berbicara mahasiswa pada mata kuliah Reception. Penelitian dilakukan di Jurusan DIII Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha dengan subyek penelitian sebanyak 20 mahasiswa semester empat. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes, menulis pada teacher’s diary dan merekam video. Instrumen yang digunakan adalah tes berbicara, teacher’s digital diary dan kamera video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa task-based learning dapat meningkatkan kompetensi berbicara mahasiswa dalam mata kuliah Reception. Hal ini dibuktikan dari skor rata-rata kompetensi mahasiswa yang meningkat dari siklus satu ke siklus dua. Skor rata-rata siklus satu adalah 68,9 dengan kategori cukup dan skor rata-rata siklus dua adalah 78,8 tergolong baik.   Kata-kata Kunci: task-based learning, kompetensi berbicara, reception

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...