PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
Vol. 13 No. 02 (2018)

THE ANALYSIS OF EFL LEARNING STRATEGY OF THE VISUALLY IMPAIRED JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SLB NEGERI 1 DENPASAR

Ni Made Yuni Setyawati (Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali-Indonesia)
Luh Diah Surya Adnyani (Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali-Indonesia)
Kadek Sonia Piscayanti (Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali-Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi belajar siswa dengan cacat visual (VIS). Ditemukan bahwa ada 6 strategi yang digunakan yaitu (1) kognitif yaitu berlatih, mengulang, mendapatkan ide,  menganalisis dan membuat reasoning, meringkas dan menerjemahkan; (2) metakognitif, mereka memperhatikan pelajaran dan menunjukkan bukti pemahaman; (3) strategi sosial, mereka berempati dengan orang lain, membuat pertanyaan, membuat ulasan, meminta saran, meminta konfirmasi; (4) afektif, dengan menurunkan kecemasan, (5) ingatan, dengan membuat asosiasi, membuat konteks kata kata, mengingat, mengingat pengalaman visual, membuat simpulan dan mengambil kembali ide sebelumnya; (6) kompensasi, dengan mengatasi keterbatasan dalam berbicara dan menulis, berusaha memberikan jawaban dan menggunakan bahasa campuran.Kata-kata kunci: EFL, strategi pembelajaran, siswa cacat visual

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PRASI

Publisher

Subject

Education

Description

PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical ...