Lingua Scientia Journal
Vol. 23 No. 1 (2016)

The Effect of Graphic Organizer upon Reading Comprehension of the Twelfth Grade Students of SMAN 1 Sukawati in Academic Year 2015/2016

Anak Agung Mitha Indri Dewi (Universitas Pendidikan Ganesha)
Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Komang Arie Suwastini (Universitas Pendidikah Ganesha)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas XII yang diajar menggunakan Graphic Organizer dengan siswa yang diajar menggunakan teknik konvensional. Penelitian ini dalam bentuk penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah 75 siswa yang telah dipilih dengan menggunakan teknik sampel random atau acak; terdiri dari 37 siswa kelas XII IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan 38 siswa kelas XII IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas XII yang diajar menggunakan Graphic Organizer dimana siswa yang diajar menggunakan Graphic Organizer menunjukkan pemahaman membaca yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan teknik konvensional. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Graphic Organizer memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas XII di SMA N 1 Sukawati tahun ajaran 2015/2016.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JJBI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Lingua Scientia is a journal committed to publishing studies in the area of foreign language teaching and learning and linguistics. It adopts diverse theoretical and methodological perspectives in exploring a wide range of current issues in foreign language teaching and linguistic studies. Subject ...