Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TITL DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Made Ambara (Unknown)
Agus Adiarta (Unknown)
Gede Indrawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Singaraja, dengan sampel kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik 3 sebagai kelas eksperimen dan X Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data sampel dilakukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeĀ  tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil post-test hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas eksperimen yaitu 72,60, kelas kontrol yaitu 62,93 dan nilai thitung 5,210 >ttabel 1.998. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video, sehingga terdapat pengaruh positif penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018