Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol. 1 No. 1 (2013): Juli

PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA BENTUK BENTUK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK DHARMA PUTRA PACUNG

Sukardi, Ni Nyoman (Unknown)
Sulastri, Made (Unknown)
Kusmaryatni, Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2013

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak-anak kelompok B di TK Dharma Putra Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng semester II tahun pelajaran 2012/2013 melalui penerapan metode pemberian tugas dengan alat permainan bentuk-bentuk geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 18 anak-anak TK Darma Putra. Data tentang keterampilan motorik anak kelompok B dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrument berupa lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa sebaran data-data perkembangan keterampilan motorik halus anak TK kelompok B pada siklus I termasuk ke dalam ketegori sangat rendah. Pada siklus II dapat disimpulkan bahwa sebaran data-data perkembangan keterampilan motorik halus anak TK kelompok B berada pada kriteria rendah. Melalui penerapan metode pemberian tugas dengan alat permainan dari bentuk-bentuk geometri ternyata dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak TK kelompok B semester II tahun pelajaran 2012/2013 di TK Dharma Putra, Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.  Kata kunci: pemberian tugas, motorik halus, bentuk-bentuk, media geometri  Abstract This research aimed to determine the fine motor skills of children in group B in TK Dharma Putra Pacung, Tejakula district, Buleleng regency at the second semester in 2012/2013 through the application of the administration task method using tools of geometric forms. This research is a classroom based research which is done in two cycles. The subjects of this research are 18 children in TK Dharma putra. The data about the motor skills of children in the group B is continued by using observation method and using observation sheets instrument. The result shows that the distribution of students’ fine motor skills data in group B in cycle I belongs to very low category. In cycle II, it can be concluded that the distribution of students’ fine motor skill data in group B is in low category. Through the application of the administration task method using tools of geometric forms can improve the fine motor skills of the group B students in semester II year 2012/2013 in TK Dharma Putra Pacung, Tejakula district, Buleleng regency.   Key Terms: administration task, fine motor, geometric forms

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...