Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol. 2 No. 1 (2014): Juli

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) MELALUI PERMAINAN DENGKLENG UNTUK MENINGKATKAN KESEIMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A TK WIDYA SHANTI DENPASAR

., Eka Natalia (Unknown)
., Drs. Gede Raga, M.Si (Unknown)
., Drs. Ketut Pudjawan,M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Motorik Kasar B anak kelompok B TK Widya Shanti Denpasar, Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014setelah menerapkan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan permainan dengkleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 20 anak TK pada kelompok B Semester II Tahun Pelajaran. Data tentang kemampuan motorik kasar dikumpulkan dengan metode observasi. data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskritiptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan Kemampuan Motorik Kasar anak kelompok B melalui permainan dengkleng pada siklus I sebesar 63,75% pada kategori rendah dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 84,37% berada pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan Kemampuan Motorik Kasar dengan media kartu huruf sebesar 20,62%Kata Kunci : model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) , peningkatan Kemampuan Motorik Kasar, permainan dengkleng This study aims to determine the increase in Gross Motor Ability B Widya kindergarten children in group B Shanti Denpasar, Semester II Academic Year 2013/2014setelah implement learning models Direct (Direct Instruction) with dengkleng game. This research is an action research conducted in two cycles. Subjects were 20 kindergarten children in group B II Semester Academic Year. Data on gross motor skills were collected by the method of observation. research data were then analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative analysis methods deskritiptif. The results of the data analysis showed that an increase in gross motor skills through play children in group B dengkleng the first cycle of 63.75% in the low category and the second cycle increased to 84.37% in the high category. So an increase in the Gross Motor Ability letter card media at 20.62%keyword : direct instructional model, Gross Motor Ability, game dengkleng

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...