Tujuan penelitian ini adalah: âUntuk mengetahui apakah dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang Perpangkatan Dua pada kelas V SD Negeri Kepuh 03 Tahun Pelajaran 2012/ 2013â. Model penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) rencana, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data diperoleh dengan cara tes, interview/ wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang dilakukan dengan tiga cara, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang Perpangkatan Dua pada kelas V SD Negeri Kepuh 03 Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Mahasiswa.
Copyrights © 2013