Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Menengah Pertama Utami Murwaningsih1Nuryani Tri Rahayu2 1Program Studi Pendidikan Matematika FKIP2Program Studi Ilmu Komunikasi FISIPUniversitas Veteran Bangun Nusantara SukoharjoE-mail: ut_fatim@yahoo.co.id Abstrak Salah satu model pembelajaran yang selaras dengan proses pembelajaran yang dituntut Kurikulum 2006 adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Melalui PMR, akan lebih mengakrabkan matematika dengan lingkungan siswa. Melalui pengaitan konsep-konsep/prinsip-prinsip matematika dengan pengalaman siswa sehari-hari, dapat menyebabkan siswa tidak mudah lupa terhadap konsep-konsep/prinsip-prinsip matematika yang ia pelajari.Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Tujuan jangka panjang: mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik yang meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Buku Siswa, (3) Lembar Kerja Siswa, (4) Buku Petunjuk Guru dan (5) Perangkat Tes Hasil Belajar Siswa, pada materi Aljabar di kelas VII SMP sehingga kompetensi matematika siswa kelas VII SMP meningkat. Tujuan khusus tahun pertama: (1) Menetapkan dan mendefinisikan segala sesuatu yang diperlukan dalam pembelajaran, dengan menganalisis tujuan dan batasan materi pelajaran, (2) Merancang perangkat pembelajaran sehingga diperoleh prototipe (perangkat pembelajaran contoh yang meliputi (a) penyusunan tes beracuan patokan, (b) pemilihan media, (c) pemilihan format dan (d) perancangan awal). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (developmental research) Model 4-D (Four D Model) pada tahap pendefinisian dan perancangan. Pengumpulan data dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik pada materi Aljabar di kelas VII SMP ini, berupa: (a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (b) Buku Siswa, (c) Lembar Kerja Siswa (LKS), (d) Buku Petunjuk Guru (BPG) dan (e) Perangkat Tes Hasil Belajar Siswa, dan (2) hasil pengembangan instrumen penelitian pembelajaran matematika realistik pada materi Aljabar di kelas VII SMP ini berupa: (a) Lembar Penilaian Validator terhadap Perangkat Pembelajaran dan Instrumen Penelitian, (b) Lembar Angket Respon Guru terhadap Perangkat dan Pelaksanaan Pembelajaran, (c) Lembar Angket Respon Siswa terhadap Perangkat dan Pelaksanaan Pembelajaran, (d) Lembar Observasi Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran dan (e) Lembar Observasi Aktivitas Siswa Selama Mengikuti Proses Pembelajaran.Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan pembelajaran matematika realistik.
Copyrights © 2012