WIDYATAMA
Vol 21, No 2 (2012): WIDYATAMA

Pengembangan Model Media Iklan Potensial Yang Tepat Sasaran Produk Unggulan UKM

Suryono, Joko . (Unknown)
Astuti, Purwani Indri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2014

Abstract

Pengembangan Model Media Iklan PotensialYang Tepat Sasaran Produk Unggulan UKM Joko Suryono1Purwani Indri Astuti2 1Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP.2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIPUniversitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Jl.  Letjen Sujono Humardani No. 1, Sukoharjo 57521. Tel. +62-0271-593156, fax. +62-0271-591065  Abstrak Tujuan penelitian ini adalah menemukan sasaran pasar dan media  iklan produk unggulan Usaha Kecil Menengah  Kabupaten Sukoharjo  . Hal ini dimaksudkan agar penentuan sasaran pasar dan media  iklan produk unggulan dapat menjangkau sasaran pasar secara tepat. Target khusus penelitian ini  adalah ; a)   Deskripsi  segmentasi pasar    produk unggulan UKM Kabupaten  Sukoharjo,b) Deskripsi media iklan produk unggulan UKM Kabupaten Sukoharjo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui antara lain : a) Studi pustaka dan pelacakan hasil penelitian relevan b) Proses wawancara  c) d) Focus Group Discussion. Berdasarkan pada pembahasan terhadap  temuan-temuan diperoleh bahwa untuk menentukan sasaran pasar harus melalui tahap-tahap pemahaman   rancangan terdiri dari Market study,  Consumer Behaviour, Segmenting, Targeting. Untuk menentukan media iklan harus melalui tahap-tahapmengetahui dan mempelajari produk, analisa kompetitor dan pasar, Analisa target audience, baru menetapkan tujuan media, analisa media, pemilihan media secara detail. Perkembangan penggunaan media baru internet seperti face book, twiter, blogspot, web, handphone banyak belum dipahami penggunaannya Kata Kunci: Sasaran Pasar, Media Iklan, Social Media Marketing  

Copyrights © 2012