Mimbar PGSD Undiksha
Vol. 7 No. 2 (2019): July

Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Dian Cahyani, Sisvina (Unknown)
Khoiri, Nur (Unknown)
Sari Setianingsih3, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD N Pandeanlamper 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N Pandeanlamper 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu (1) wawancara (2) Dokumentasi (3) Tes dan (4) Observasi. Analisis Data menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir, uji homogenitas awal, uji homogenitas akhir, dan uji hipotesis (uji-t dua sampel). Uji normalitas awal dan akhir digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas awal dan akhir digunakan untuk mengetahui kelas tersebut mempunyai varian sama dan bersifat homogen atau tidak. Uji hipotesis  menggunakan uji t dua sampel. Hasil pengujian hipotesis pada hasil tes menunjukkan bahwa thitung 2,1323 dan ttabel 2,02269 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel yaitu 2,1323 > 2,02269 sehingga H0 ditolak. Karena H0 ditolak, maka kesimpulannya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga model pembelajaran creative problem solving berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD N Pandeanlamper 01 Semarang. Kata Kunci : model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) ,kemampuan pemecahan masalah matematis.

Copyrights © 2019