Mimbar PGSD Undiksha
Vol. 7 No. 3 (2019): October

Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis

Pertiwi, Intan Nurma (Unknown)
Sumarno, Sumarno (Unknown)
Dwi, Anggun (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model make a match berbantu media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca dan menulis pada peserta didik kelas I SD Se Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN Slerok 4 Tegal sebagai kelas eksperimen dan SDN Mintaragen 8 Tegal sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi Pengujian data pada penelitian ini menggunakan true experimental design jenis pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t pada kelompok kotrol dan kelompok eksperimen yakni hitung > ttabel yakni 2,415 > 2,005 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,019 < 0,05, sehingga dapat diambil keputusan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model make a match berbantu media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca dan menulis pada peserta didik kelas 1 SD Se Kecamatan Tegal Timur.Kata kunci: Pengaruh, Make A Match, Membaca, Menulis, Kartu Bergambar

Copyrights © 2019