Abstraksi: Perubahan global dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi, terutama yang berhubungan dengan sistem pendidikan di sekolah menuntut adanya perubahan sikap guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Dengan mengembangkan media pembelajaran konvensional menjadi lebih efektif, efisien dan edukatif menggunakan komputer multi media sangat membantu guru dalam penyampaian materi pelajaran kepada siswa.
Saat ini game menjadi salah satu bagian dalam kehidupan masyarakat modern dari anak kecil sampai dengan orang dewasa. Banyaknya orang yang memainkan game maka pengembangan game mulai mengarah ke dalam industri game edukasi. Hal ini dimaksudkan selain mendapatkan hiburan dalam bermain game, pemain juga mendapatkan nilai tambah yaitu pengetahuan.
Namun siswa didik SD Islam Kauman masih membutuhkan media tanya jawab yang menarik agar dapat membantu daya ingat dan melatih kecerdasan siswa dari materi pelajaran yang telah disampaikan. Sedangkan guru membutuhkan suatu media pembelajaran yang mampu membantu dalam mempermudah pembelajaran siswa dalam menerima pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru. Saat ini sistem pengajaran di SD Islam Kauman adalah mengajar dengan cara metode konvensional. Dan siswa kebanyakan tidak memperhatikan pelajaran yang telah disampaikan oleh gurunya.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui prosedur membuat game yang dapat meningkatkan daya pikir dan kretifitas anak. Selain membuat game untuk bermain, penulis juga membuat game untuk membantu proses belajar mengajar.
Dari penelitian ini diharapkan tercipta game yang mampu meningkatkan pola pikir anak sekaligus menambah pengetahuan anak, yang tidak bersifat hiburan semata tetapi juga sebagai media pendidikan. Dan nantinya media game education yang dibangun memberikan tambahan referensi metode baru dalam pembelajaran.
Kata kunci/Key word : Game Edukasi, IPA
Copyrights © 2012