Penelitian ini dilaksanakan pada SMA/MA di Kabupaten Bulelengdengan tujuan: (1) mengidentifikasi sebaran komponen pembelajarangeografi SMA/MA di wilayah perkotaan dan perdesaan KabupatenBuleleng, (2) mengidentifikasi hasil belajar geografi siswa SMA/MA diwilayah perkotaan dan perdesaan, (3) menganalisis hubunganketersediaan komponen pembelajaran geografi dengan hasil belajargeografi siswa SMA/MA di wilayah perkotaan dan perdesaanKabupaten Buleleng. Rancangan penelitian menggunakan rancangandeskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh SMA/MA diKabupaten Buleleng yang memiliki nilai ujian nasional geografi tahunpelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan metodepencatatan dokumen yang dilengkapi dengan metode observasi dandokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan komponenkomponenpembelajaran geografi yang dimiliki SMA/MA antara wilayahperkotaan dan perdesaan di Kabupaten Buleleng. 2) Rata-rata hasil belajar geografi siswa SMA/MA diwilayah perdesaan dan perkotaan Kabupeten Buleleng terkategori kurang. 3) Kulifikasi guru geografitidak menunjukkan hubungan yang jelas dengan hasil belajar geografi siswa.
Copyrights © 2019