Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 8 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Penggunaan Metode Unsupervised (ISO Data) untuk Mengkaji Kerapatan Vegetasi di Kecamatan Pangandaran

Agung Dwi Rahmawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dini Adha Pawestri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rafifah Adinda Fakhriyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Habibie Daud Syafaat Pasha (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhamad Ferryandy (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dede Sugandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Riki Ridwana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Lili Somantri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2020

Abstract

Pengindraan jauh saat ini sudah mulai dikembangkan dan dimanfaatkan untuk berbagai bidang keilmuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengindraan jauh) di Kecamatan Pangandaran untuk mengetahui kesesuaian kerapatan vegetasi dengan hasil interpretasi. Menggunakan citra Landsat 8 dengan metode Unsupervised Classification Iso Data dan dalam pengolahannya menggunakan softwareEnvi 5.0 dan Arcgis 10.4. Analisis yang digunakan yaitu analisis spasial dan membandingkan hasil interpretasi dengan hasil data di lapangan, dan melakukan uji akurasi. Uji akurasi dilakukan untuk menemukan besaran kesesuaian metode dengan data yang dilakukan. Maka akan dapat diketahui bahwa metode klasifikasi yang digunakan kurang tepat untuk mengidentifikasi kerapatan vegetasi karena memiliki banyak data yang tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Dengan mengidentifikasi kerapatan vegetasi, maka dapat membantu mengetahui perencanaan ruang terbuka hijau yang tepat untuk wilayah kecamatan Pangandaran. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...