Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 8 No. 3 (2020): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Argumentative Skill: Sebuah Hasil dari Proses Pembelajaran melalui Model Inquiry pada Siswa Madrasah Aliyah

Arif Rahman (Madrasah Aliyah PUI Maja)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2021

Abstract

Argumentasi merupakan suatu kegiatan untuk menjelaskan berbagai fenomena. Namun kedudukan dalam proses pembelajaran terkadang masih kurang digunakan sebagai komponen utama dalam tingkatan aspek keterampilan. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keterampilan argumentasi dalam ranah pembelajaran melalui model inquiry. Metode penelitian dilakukan secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan terhadap 36 siswa kelas XI berdasarkan teknik purposive sampling. Kemampuan argumentasi dibatasi hanya untuk argumentasi tertulis yang dapat dilihat dari jawaban soal uraian yang diberikan. Pedoman penentuan komponen argumentasi berisi indikator mengenai komponen argumentasi berdasarkan Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) meliputi claim, grounds, warrant, backing, dan qualifiers. Data dianalisis secara kuantitatif dengan uji t. Hasil analisis menunjukkan dengan menggunakan uji t dependent untuk pretest dan posttest didapatkan nilai thitung = ˗0,19 dan ttabel = -2,04 sehingga hasilnya thitung < -ttabel. Kesimpulan menjelaskan skor hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan. Implikasi hasil penelitian ini pentingnya membiasakan model inquiry untuk melatih keterampilan berargumentasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...