Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 9 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Dampak Pembelajaran Daring Saat Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMAN 1 Labuhan Haji

Ririn Candra Andriana (SMAN 1 LABUHAN HAJI)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada banyak sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring untuk mitigasi persebaran virus. Menggunakan metode kalitatif deskriptif tulisan ini bertujuan menyajikan kajian dampak pembelajaran daring pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMAN 1 Labuhan Haji, spesifik materi pokok Pengolahan dan Analisis Data Kependudukan. Data diproleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil mengindikasikan, dibanding dengan materi pokok yang lain, pembelajaran daring berdampak pada penurunan prestasi belajar pada indikator materi Pengolahan dan Analisis Data Kependudukan, sebesar 40%. Dari 30 siswa dengan Kompetensi Ketuntasan Minimal 75, 53% tuntas dan 47% tidak tuntas, dan nilai rata-rata 75%. Selain itu, terdapat variasi kendala pendampingan orang tua saat belajar daring, seperti sibuk bekerja, tidak sabar melakukan pendampingan, tidak memahi pelajaran, hingga soal beban pengadaan internet. Pembelajaran daring membutuhkan inovasi dan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua siswa untuk menemukan solusi yang jitu dan afirmatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...