Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Vol. 4 No. 1 (2014)

PENGARUH PENGARUH WORD OF MOUTH DAN CUSTOMER COMMUNITY TERHADAP ENERGI MARKETING PADA A SALON & SPA DI KABUPATEN BADUNG TAHUN 2013

I Putu Eka Juli Andriastuti . (Unknown)
Drs. I Made Nuridja, M.Pd. . (Unknown)
Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. . (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh word of mouth dan customer community secara parsial terhadap energi marketing (2) pengaruh word of mouth dan customer community secara simultan terhadap energi marketing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal dengan responden sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuisioner, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS 16.0 for windows yang meliputi uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) word of mouth berpengaruh signifikan terhadap energi marketing pada A Salon & Spa di Kabupaten Badung Tahun 2013, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 15,733 > ttabel = 1,98472 atau p-value = 0.000 < α = 0.05, (2) customer community berpengaruh signifikan terhadap energi marketing, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 2,056 > ttabel = 1,98472 atau p-value = 0.042 < α = 0.05, (3) word of mouth dan customer community berpengaruh signifikan secara simultan terhadap energi marketing, hal tersebut ditunjukan dari nilai Fhitung = 125,150 > Ftabel = 3,09 atau p-value = 0.000 < α = 0,05. Hasil analisis koefesien determinasi diperoleh 0,721, hal ini berarti energy marketing dipengaruhi oleh word of outh dan customer community sebesar 72,1%, sisanya sebesar 27,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci : customer community, energi marketing, word of mouth Abstrack This study aims to determine (1) the effect of word of mouth and customer community has partially toward marketing energy, (2) the effect of word of mouth and customer community has simultan toward marketing energy. This study used a causal research design with 100 people as respondents. The data were collected by documentation and questionnaires methods and then analyzed by multiple regression analysis using SPSS 16.0 for Windows which includes t test and F test. The results of this study show; (1) word of mouth significant effect on marketing energy at A salon & spa in Badung regency in 2013, it is indicated from the value of t = 15,733 > table = 1,98472 or p-value = 0.000 table = 1,98472 or p-value = 0.042 F = 3,09 or p-value = 0.000

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JJPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). ...