Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Vol. 11 No. 2 (2019)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja Tahun 2019/2020

Ardika, Wayan (Unknown)
Suharsono, Naswan (Unknown)
Haris, Iyus Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif TipeJigsawIIdi kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Group Pre-test and Post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 105 orang. Pengambilansampel menggunakan teknikpurpose sampling, karenapenulis telah menentukan sampel yang dipilihyaitu kelas X IPS 1 yangberjumlah 33 orang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes, kemudian hasil nilai tes dianalisis denganmenggunakan uji one sample t-Test berbantuan program SPSS 24.0 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-test lebih besar dari nilai pre-test yang ditunjukan dengan nilai rata-rata pre-test 75.76 sedangkan nilai post-test sebesar 84.73dan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawIIterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja, dengan taraf signifikasi < 5%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). ...