Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha
Vol. 6 No. 1 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANJAR

Rai Juni Artini (Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan Universitas Pendidikan Ganesha)
P. Budi Adnyana (Unknown)
I. W. Sukra Warpala (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan antara motivasi belajar dan hasil belajar biologi materi sistem ekskresi pada manusia secara bersama-sama terhadap siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media couple card dan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media couple card dan model pembelajaran konvensional dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi materi sistem ekskresi pada manusia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media couple card dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian non equivalent pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian ini dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 2 Banjar dengan teknik simple random sampling dan subjek analisisnya adalah siswa dengan jumlah sampel 62 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes dan non tes sedangkan teknik analisis data yaitu Mancova. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar secara signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJPB

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Pendidikan Biologi adalah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran. Pada akhirnya Jurnal ini ...