Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2017): Juli

MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI STRATEGI GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS PADA SISWA

Syafitri, Rodhiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab belajar siswa melalui strategi giving questions and getting answers. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III B SD Laboratorium Undiksha sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian siklus I menunjukkan tanggung jawab belajar siswa secara klasikal mencapai 58,04% pada kategori cukup tinggi. Pada siklus II secara klasikal mencapai 66,69% pada kategori tinggi. Dengan demikian peningkatan tanggung jawab belajar siswa mencapai 8,65%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab belajar siswa dapat meningkat melaui strategi giving questions and getting answers.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...