Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2019): Juli

Pengembangan Media Parajo (Puzzle Gambar Rumah Adat Joglo) Berbasis Model Number Head Together pada Pembelajaran Matematika

Dwi Pangestu, Danang (Unknown)
., Purwadi (Unknown)
Agustini, Ferina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi belajar siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi dengan mengembangkan media parajo berbasis model Numbered Head Together, sebagai media pembelajaran yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Prosedur dalam penelitian pengembangan ini menerapkan prosedur menurut Borg and Gall dengan penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba. Pengelolahan data diambil dari angket dengan validasi media, validasi materi, angket respon guru dan angket tanggapan siswa. Hasil validasi media pada ahli media pertama tahap 1 sebesar 80%, hasil validasi materi pada ahli materi pertama tahap 1 sebesar 87%, validasi ahli media tahap kedua 86%, sedangkan validator ketiga pada penilaian terhadap materi mendapatkan nilai 91%. Maka parajo berbasis model Numbered Head Together dinyatakan valid dan siap uji coba lapangan. Dengan hasil angket tanggapan siswa sebanyak 95,2% dan angket respon guru sebanyak 93,75% Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media papi semar berbasis model quantum teaching valid dan praktis sehingga termotivasi belajar selain itu layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...