Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2020): April

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Widiani, A.A. Md Sari (Unknown)
Ardana, I K. (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Scrapbook terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu eksperimen semu dengan penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta yang terdiri dari 5 SD Negeri yang berjumlah 7 kelas, dengan jumlah populasi 239 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 72 siswa yaitu 34 siswa kelas VB SD No. 1 Legian yang menjadi kelompok eksperimen dan 38 siswa kelas V SD No. 2 Legian yang menjadi kelompok kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes objektif pilihan ganda biasa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 5,627 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (34+38-2) =70. Berdasarkan kriteria pengujian thitung =  5,627 > ttabel = 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen adalah 86,21 dan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol adalah 80,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Scrapbook terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Ajaran 2018/2019. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...