Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2020): April

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR MATEMATIKA

Naba, Dewa Ayu Oka (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Blahbatuh di Kelas IX F yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I). Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 67,94 pada siklus I meningkat menjadi 72,56 dan pada Siklus II meningkat menjadi 80,51. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...