Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2020): Juli

Penerapan Media Video Animasi Bencana Alam Gunung Berapi (BELAGUPI) dengan Model Pembelajaran STAD

Cahyani, Clarita Andriyana (Unknown)
Untari, Mei Fita Asri (Unknown)
Ardiyanto, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh aktifitas peserta didik dan hasil belajar yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan media video animasi Bencana Alam Gunung Berapi (BELAGUPI) dengan model pembelajaran STAD dapat diterapkan pada peserta didik kelas V SD N Mranggen 02 Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Pra-Experimental Designs (modesigns) rancangan One-Group Pretest-Posttest Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SD N Mranggen 02 Kabupaten Magelang. Hasil uji ketuntasan belajar posttest menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan media video animasi BELAGUPI dengan model pembelajaran STAD mencapai presentase klasikal sebesar 91% dengan rata-rata nilai posttest 74,77 dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 70, diperoleh thitung 14,79 dengan n = 22, dan ttabel 2,07. Berdasarkan kriteria pengujian diperoleh thitung > ttabel yaitu 14,79 > 2,07 sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya penerapan media video animasi BELAGUPI dengan model pembelajaran STAD efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD N Mranggen 02 Kabupaten Magelang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...