Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2020): Juli

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Konkret

Arsita, Diana Rai (Unknown)
Dibia, Ketut (Unknown)
sukmana, wayan ilia yuda (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDĀ  di Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Gugus II Kecamatan Bangli yang berjumlah 180 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Bebalang yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Kawan yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPA dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata, diperoleh nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 21 dan kelompok control sebesar 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,63, sedangkan, ttabel dengan dk 56 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,02. Hal ini berarti, thitung lebih besar dibandingkan ttabel (thitung = 5,63 > ttabel = 2.02) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan media konkret pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Bangli.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...