Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2020): Juli

Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Dewi, Sarah Lutfiah (Unknown)
Sri Asri, I G A Agung (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pengetahuan IPA kelas IV di SDN Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat Tahun 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SDN Gugus Tuanku Imam Bonjol Tahun 2019/2020.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, instrumen tes pilihan ganda biasa. Data posttest kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Data yang diperoleh thitung = 10,13 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 68  maka diperoleh nilai ttabel = 2,000. , Sehingga thitung > ttabel, H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen   = 84,69  > kelompok kontrol   = 67,04. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV tahun 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...