Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2021): Juli

E-Modul Interaktif pada Muatan IPA Subtema 1 Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar

Putri, Ni Kadek Rossita Cahyani (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)
Yudiana, Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif pada muatan IPA subtema 1 tema 8 kelas V SD yang sudah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, model ini terdiri dari beberapa langkah-langkah yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Dari tahapan tersebut, penelitian ini hanya berfokus pada tiga tahapan meliputi analyze, design, dan development, sedangkan untuk tahapan implementation dan evaluation tidak dilaksanakan didalam penelitian ini dikarenakan keterbatasan waktu dan akses selama masa pandemi berlangsung. Subjek dalam penelitian ini merujuk pada e-modul interaktif muatan IPA pada subtema 1 tema 8 kelas V sekolah dasar. Disisi lain, objek dalam penelitian ini adalah validitas e-modul interaktif muatan IPA pada subtema 1 tema 8 kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner di dalam pengumpulan data, metode ini diterapkan dengan cara memberikan pernyataan-pernyataan kepada responden yakni, ahli materi, ahli media, dan praktisi. Kegiatan uji validitas e-modul interaktif menghasilkan data berupa angka yang dihitung rata-rata skornya, selanjutnya dikategorikan ke dalam tabel skala lima. Penilaian dari dua orang dosen ahli materi mendapatkan nilai 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”. Penilaian dari dua orang dosen ahli media mendapatkan nilai 4,8 dengan kualifikasi “sangat baik”. Penilaian dari dua orang praktisi yaitu guru wali kelas V SD mendapatkan nilai 4,9 dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan pengembangan e-modul interaktif pada muatan IPA subtema 1 tema 8 kelas V SD dengan materi siklus air memiliki kualifikasi sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...