Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2021): Juli

Penerapan Audio Visual pada Pembelajaran Geometri Kelas V di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi COVID 19

Asfiyanti, Nurul Aini (Unknown)
Putri, Syafia Eka (Unknown)
Amiroh, Yusri (Unknown)
Hasibuan, Riski Sakinah (Unknown)
Hasibuan, Nur Samsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Peserta didik banyak sekali yang belum memahami materi geometri ini sehingga menyulitkan siswasaat belajar di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar matematika, mengembangkan produk berupa media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh media audio visual terhadap pembelajaran geometri manfaat dari pilihan dan digunakannya audio visual untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran geometri. Data yang terkait dengan aktivitas dan strategi yang digunakan peserta didik dalam menyelesaikan soal yang di berikan selama pembelajaran berlangsung dikumpulkan melalui jawaban tertulis peserta didik di lembar jawaban, hasil belajar geometri peserta didik yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Hasil penelitian konvensional peserta didik tampaknya belum menguasai materi geometri, sehingga nilai peserta didik belum mencapai KKM dan nilai rata-rata peserta didik pun cenderung rendah. Sedangkan pada penelitian eksperimen dengan menggunakan media audio visual nilai peserta didik meningkat dan sudah ada yang mencapai KKM meskipun tidak banyak. Nilai rata-rata peserta didik pada penelitian konvensional 44,6 dan pada penelitian eksperimen 62. terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil penelitian pembelajaran geometri peserta didik antara kelompok peserta didik yang mengikuti pembelajaran media audio visual dan peserta didik mengikuti pembelajaran konvensional. Implikasi penelitian ini memberikan dampak pada hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...