Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 5 No. 3 (2021): Oktober

Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP

Purwanti, Maya (Unknown)
Ristiono, Ristiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Siswa cenderung pasif dan hanya menerima informasi dari guru. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran berpusat pada guru. Maka penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar lembar kerja siswa (LKPD) berbasis pendekatan saintifik dengan materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Metode pengumpulan data menggunakan metode nontes berupa angket yang diberikan kepada ahli desain, ahli materi, ahli bahasa untuk menguji kelayakan, serta respon guru dan peserta didik untuk menguji kemenarikan. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif yang dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa data angka dan diinterpretasikan dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai validasi LKPD berbasis pendekatan saintifik adalah 93,56 %. LKPD sudah valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Nilai rata-rata uji praktikalitas oleh guru adalah praktis dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh siswa adalah sangat praktis. Maka lembar kerja siswa (LKPD) berbasis pendekatan saintifik tentang materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk Kelas VIII SMP sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...