Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2021): Juli

Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD

Novi, Novi Purwita (Unknown)
Suarjana, I Made (Unknown)
Sudarmawan, Gede Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Kurang terlibatnya siswa dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran yang dilaksanakan berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar tematik muatan pelajaran IPA siswa kelas IV SD melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrument berupa tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan mencari rata-rata, daya serap, dan ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I diperoleh rata-rata 67,33 dan ketuntasan belajar 63,33% yang berada pada kategori cukup. Siklus II diperoleh rata-rata 79 dan ketuntasan belajar 83,33% yang berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Implikasi penerapan model pembelajaran problem based learning yaitu siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...