Jurnal IKA
Vol. 17 No. 2 (2019)

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

I Made Tegeh (SD Gugus XII Kecamatan Buleleng)
Ni Luh Ariesti Pratiwi (SD Gugus XII Kecamatan Buleleng)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, dua diantaranya adalah motivasi dan keaktifan belajar. Kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mempengaruhi hasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan  hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng, 2) hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar dengan  hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng, 3) hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan bersifat korelatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SD yang terdapat pada Gugus XII Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2018/2019 dengan sample 150 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode non-tes, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar IPA diperoleh  koefisien korelasi R sebesar 0,768 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 59,1%, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan dengan hasil belajar IPA diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,658 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 43,3%, 3) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan keaktifan dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng  diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,849 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 72,1%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...